1 Februari 2022 1:31 pm

Pengenalan Fitur-Fitur yang Ada Pada Screen Meeting di Aplikasi Zoom

Pengenalan Fitur-Fitur yang Ada Pada Screen Meeting di Aplikasi Zoom
Dalam mengadakan pertemuan rapat secara online, banyak aplikasi yang sering direkomendasikan, salah satunya adalah Zoom. Seperti yang kita tahu, semenjak pandemi aplikasi meeting online seperti zoom telah menjadi aplikasi yang banyak digunakan karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah dioperasikan. Zoom sebagai alternatif pilihan menjadi pilihan yang paling tepat untuk melaksanakan meeting online.
Walaupun beberapa orang menganggap Zoom mudah untuk dioperasikan, bagi sebagian orang lainnya berkata bahwa fitur Zoom cukup rumit. Terkadang mereka tidak paham fitur-fitur apa saja yang ada di Zoom dan bagaimana menggunakannya. Berikut ini kita bahas lebih lengkap tentang pengenalan fitur-fitur Zoom khususnya yang ada di screen meeting.

Beberapa Fitur yang Terdapat di Layar Meeting


Kamera

Fitur pertama yang paling penting adalah kamera dan dibuat dengan bentuk logo kamera video. Fungsi dari fitur ini tentu saja untuk menyalakan kamera handphone atau laptop agar wajah kita bisa terlihat di room.

Mikrofon

Fitur terpenting kedua yakni fitur mikrofon yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mic device kita. Jika ingin berbicara di dalam room, maka kamu harus mengaktifkan fitur tersebut. Sebaliknya, jika ingin menonaktifkan mic maka kamu harus menekan kembali hingga ada garis merah di atasnya.

Participant

Ketiga, di screen meeting zoom juga terdapat fitur peserta yang menunjukkan ada berapa orang partisipan yang ada di dalam room meeting tersebut. Fitur partisipan ini juga memungkinkan kamu untuk melihat siapa saja nama-nama orang yang join ke dalam room tersebut.

Chat

Jangan salah, karena walaupun sedang menjalankan meeting kamu juga bisa menggunakan fitur chat yang ada di dalam screen meeting tersebut. Kamu juga bisa memilih melakukan chat untuk dikirim ke semua partisipan atau hanya pribadi ke partisipan tertentu.

Reactions

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memberikan reaksi dalam meeting. Contohnya ketika hendak mengacungkan tangan, kamu bisa menggunakan reaction berupa raise hand. Tak hanya raise hand saja, kamu juga bisa menggunakan pilihan yang lain seperti tanda “Sip”, ataupun emoji lain.

Share Screen

Keenam, fitur Share Screen ini memungkinkan kamu untuk melakukan screen sharing terhadap dokumen yang akan dipresentasikan. Fitur ini juga sangat bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar maupun rapat kantor agar semua partisipan juga bisa melihat dokumen yang ingin dibahas.

Record

Fitur record ini memungkinkan kamu untuk merekam sebagian ataupun keseluruhan isi meeting. Perlu diketahui bahwa fitur ini umumnya hanya bisa digunakan jika kamu menggunakan room meeting zoom dari laptop. Untuk handphone, hanya beberapa versi saja yang bisa sedangkan yang lain tidak. Namun, di beberapa kasus sering terjadi apabila kamu hendak merekam meeting harus atas persetujuan dari Host terlebih dahulu.

Leave Meeting

Terakhir, fitur yang pasti ada di setiap device yang digunakan untuk melakukan meeting yakni fitur leave. Dimana kamu hanya perlu menekan menu tersebut apabila ingin leave atau keluar dari meeting yang sedang dilaksanakan.
Demikian sekilas informasi singkat tentang pengenalan fitur-fitur yang ada di screen meeting zoom. Semua fitur tersebut bisa kamu lihat dari layar utama saat sedang melakukan meeting. Dan ada beberapa perbedaan jika menggunakan device di smartphone.

Artikel Lainnya

Kontak Kami
halo@furqandigital.com
Payment
-
Sertifikasi
-
-
-
Social Media
Copyright @2024 FurqanDigital.com