1 Juli 2022 7:22 pm

Perbedaan Zoom Meeting & Zoom Webinar, Kalian Wajib Tahu!

Perbedaan Zoom Meeting & Zoom Webinar, Kalian Wajib Tahu!
Zoom Meeting dan Zoom Webinar mulai ramai penggunanya sejak wabah Covid-19 melanda. Namun, apakah kalian sudah tahu perbedaan Zoom Meeting & Zoom Webinar ini?
Masih banyak yang sulit membedakan antara keduanya. Padahal Zoom Meeting sangatlah berbeda dari Zoom Webinar. Meski demikian, ada dua kesamaan antara keduanya, yaitu untuk interaksi jarak jauh dengan video.
Kesamaan antara Zoom Meeting dan Zoom Webinar juga terletak pada media yang kalian gunakan. Keduanya sama-sama menggunakan platform serupa yaitu aplikasi Zoom.

Mengenal Aplikasi Zoom


Zoom Meeting
Zoom Meeting

Aplikasi zoom adalah jenis platform video konferensi yang bisa digunakan baik melalui handphone, perangkat komputer maupun laptop. Zoom memungkinkan seseorang untuk berada dalam satu ruang secara jarak jauh.

Aplikasi Zoom sebagai video konferensi dapat digunakan untuk keperluan meeting online dan webinar. Meski menggunakan aplikasi yang sama, namun terdapat perbedaan antara Zoom Meeting dan Zoom Webinar tersebut.

Apakah saat webinar wajah kita terlihat dengan aplikasi Zoom ini? Pada saat webinar dengan Zoom, wajah kita tidak terlihat. Namun, ketika mengadakan Zoom Meeting baru terlihat.

Perbedaan Zoom Meeting & Zoom Webinar

Adanya aplikasi Zoom ini memang sangat membantu dalam mendukung berbagai aktivitas secara online. Istilah Zoom Meeting & Zoom Webinar sering kalian dengar. Tahukah kalian perbedaan dari keduanya? Simak ulasan berikut


Perbedaan
Pengertian
Kepesertaan
Peran Aktif
Zoom Meeting
Zoom meeting adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan kolaborasi atau diskusi yang memungkinkan untuk menggunakan video, audio dan berbagi layar.
Kepesertaan diselenggarakan oleh host, kemudian peserta akan diundang oleh host untuk mengikuti Zoom Meeting tersebut.
Peserta dapat komunikasi secara aktif baik kepada host atau kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan meeting.
Zoom Webinar
Zoom webinar adalah kegiatan untuk memberikan informasi dengan tujuan mengedukasi, promosi atau presentasi supaya peserta tertarik.
Kepesertaan bisa diikuti oleh umum. Namun, peserta dalam kondisi mode mendengarkan. Meski begitu, peserta tetap dapat mengetik pesan untuk mengajukan pertanyaan.
Peserta tetap dapat mengetik pesan untuk mengajukan pertanyaan. Host dalam hal ini menggunakan fitur tanya jawab pada jendela webinar.

Dilihat Dari Fitur - Fiturnya

Zoom Meeting dan Zoom Webinar memiliki fitur masing. Berikut adalah fitur Zoom Meeting dan Zoom Webinar yang dapat kalian ketahui.

Fitur Zoom Meeting


Zoom Meeting
Zoom Meeting

  1. Waiting Rooms: merupakan ruang tunggu sebelum peserta memasuki ruang meeting.
  2. Registration: fitur untuk peserta melakukan pendaftaran.
  3. Screen sharing: fitur yang memungkinkan host maupun peserta membagikan file ke peserta meeting.
  4. Whiteboarding: fitur berbagi whiteboard yang bisa digunakan untuk mengetik, menggambar, atau menempel sticker.
  5. Breakout Rooms: fitur untuk membagi ruang secara terpisah sehingga meeting lebih intens lagi.
  6. Reactions: fitur untuk mengirimkan emoji bagi host dan peserta.
  7. Chat: kalian bisa melakukan chat secara pribadi maupun ke semua peserta meeting.
  8. Polling: fitur untuk meluncurkan polling hingga 25 dalam sekali meeting.
  9. Streaming: kalian bisa melakukan Facebook Live, YouTube Live atau layanan streaming lainnya dengan fitur ini.
  10. View management: fitur yang berfungsi menyoroti pembicara aktif hingga 9 peserta.

Fitur Zoom Webinar


Zoom Webinar
Zoom Webinar

  1. Registration: fitur pendaftaran yang bisa kalian sesuaikan dengan halaman pendaftaran.
  2. Branding: kalian dapat menyesuaikan halaman webinar dengan fitur ini dari segi judul, logo, spanduk, warna maupun informasi pembicara.
  3. Source tracking URLs: tautan yang bisa kalian buat dan bisa dibagikan kepada peserta lain maupun umum.
  4. Q&A: fitur tanya jawab yang memudahkan peserta untuk bertanya sewaktu webinar berlangsung. Fitur ini diaktifkan oleh host. Kalian juga bisa mengunduh laporan Q&A tersebut.
  5. PayPal and EventBrite integrations: fitur ini cocok untuk kalian yang ingin membebankan tiket kepada peserta. Penjualan tiket dan pendaftaran akan lebih terkelola dengan baik dengan fitur ini.
  6. Post-webinar survey: kalian bisa menyiapkan survei yang diberikan kepada peserta setelah acara selesai. Survei sangat penting supaya kalian bisa memperoleh feedback dari acara tersebut.
  7. Attendee view management: fitur untuk menampilkan tiga layar sekaligus meliputi presentasi secara bersamaan, pembicara aktif dan panelis.
  8. Streaming: kalian juga bisa sambil melakukan streaming melalui Facebook Live, YouTube Live atau layanan streaming lainnya.
Sudah tahu kan perbedaan Zoom Meeting & Zoom Webinar? Jika kalian ingin mengadakan Zoom Meeting & Zoom Webinar tapi terkendala dengan platform premium dan kendala lain serahkan saja ke jasa webinar dan Zoom Meeting Furqan Digital. Info lebih lanjut bisa kalian tanyakan kepada Customer Support kami disini.
Sumber: https://sevima.com/perbedaan-zoom-meeting-dan-zoom-webinar/ https://www.blog.ecampuz.com/perbedaan-zoom-meeting-dengan-zoom-webinar/ https://tekno.kompas.com/read/2022/03/28/09290047/apa-itu-zoom-webinar-begini-cara-membuatnya?page=all https://www.pinhome.id/blog/perbedaan-menggunakan-zoom-untuk-meeting-dan-zoom-untuk-webinar/

Artikel Lainnya

Kontak Kami
halo@furqandigital.com
0877-3249-8274
Payment
-
-
Sertifikasi
-
-
-
Social Media
Copyright @2023 FurqanDigital.com